sharing seminar oleh Mr. James Gwee

Hai hai … lama tidak bersua. Ahahaha, saya sungguh sibuk tahun ini, kesibukan itu datang tidak terduga dan sungguh mendadak. Sekalinya datang (sibuknya), sibuk sampai 2 minggu berturut-turut. Sekalinya santai, paling cuma 1 hari…

Baiklah pada kesempatan kali ini I will share about what I got in seminaries a week ago. It’s a Beswan Djarum Go to Campus programs .. “Speak with Confident” which speaker is Mr. James Gwee !!! awesome guy ever :D
Alright, he start his performance with running to the stage and singing. Then I always remember he told about FULLTILT. Yes, everything that you do, do it FULLTILT. FULLTILT guys, be FULLTILT !!!

Actually, he was explained about how to sell yourself before you sell your idea. Sell idea means how to make your ideas, an innovation, not only just TELL but you can earn money by it. It is SELL. In my truly life … I always got (I guess it’s a great idea) some idea but I always tell it to my friend. They said my idea was good, they said my idea was impossible things to do, they said my idea was absurd, they said my idea is not good. And they said my idea will never ever work .. okay, that’s all are some response from them and I bet its happens not only mine, but for many people out there should ever felt and hear this.. yeah, sometimes I was pessimistic and agreed with them, because I just got the idea, can’t make the idea became real.. (poor me)
Okay, I wont judges anyone but I believe there are lot people can’t make their ideas come true or make it real like me (lol). That’s why it is important for us to SELL our ideas than just TELL it to your cruel friends (really).

So, how to sell your self first??
James Gwee has teach us how to sell our self with confident by PUBLIC SPEAKING. Why should public speaking??

Yeah, public speaking is the first way you will face to when you “start” success. Why I type “start” ?? because to be succeed is how you should prove your self first to people about what you have (talent, ideas, skill, etc) can makes world will say “wow”. Got it?

Yeah alright, for example, you got an idea about how to make wifi in the forest … (EXAMPLE) and you wanna sell your idea. Can you percentage how your idea will be priceless and make investors believe to invest or buy your idea?? Of course, you need to PRESENTATION your idea first, right? Okay, if you cant speak well to the investor, how can they understand about your “wow” idea?? How can they buy your idea if they can’t got your point?? I bet it will so unfortunately-moment-ever in your life (REALLY).
This is the power-of-public speaking that I told you before. You should know how to make a good public speaking. And Mr. James Gwee give you 3 simple way to learn a stand up-presentation. Penting untuk diperhatikan guys, presentasi adalah awal melatih public speaking kita J .

“public speaking is a necessary skill, presentation is like flying an aeroplane”

     1.  OPENING
Well, di bagian opening yang harus kita lakukan adalah tidak memulai suatu presentasi yang monoton.. seperti mengucapkan “Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua, perkenalkan, saya bla bla bla… saya berasal dari bla bla bla akan mempresentasikan bla bla bla …” (tidak!) mari mengubahnya dengan 4 Statements. Apa itu four statements?

4 statements adalah pengucapan 2 kalimat utama-berulang, sebanyak 4 kali dalam 4 kalimat. Misalnya : 
# judul presentasi : Skripsi

Skripsi adalah tujuan akhir setiap mahasiswa
Skripsi adalah jodoh setiap mahasiswa
Skripsi adalah tantangan paling menggalaukan banyak mahasiswa
Skripsi adalah masa depan yang tertunda ketika mahasiswa tidak memperhatikannya…

Saya Ranti Meranti akan membawakan presentasi mengenai SKRIPSI ^_^


Yaaa … kira-kira begitu lahhh … coba sendiri ya di rumah, di praktekkan dengan nada bicara yang lantang dan tunjukkan style mu J


     2.  CONTENT

Setelah lancar di opening .. waktunya merombak otakmu menyusun triangle-content. Apa itu triangle-content??

Inti dari content yang bentuknya segitiga ini adalah, memudahkan otak kita dalam menyusun isi dari presentasi yang akan kita sampaikan.

Karena cenderung presentasi yang kita lakukan, masih belum tersusun rapi atau tersusun rapi namun ketika presentasi malah penyampaiannya tidak terurut sebagaimana mestinya. 

Bagian dalam adalah JUDUL. Tempatkan judul di dalam segitiga. 

Kemudian ingatlah segitiga yang memiliki 3 sisi, maka lambangkan saja sisi kiri, kanan dan bawah adalah hal 1, hal 2 dan hal 3 yang akan kita sampaikan kepada audience. 

Hal-hal ini bisa seperti hal 1 = pengertian(jelaskan!) ; hal 2 = penyebab terjadinya, dampak atau data khusus berkaitan dengan judul(jelaskan!) ; hal 3 = solusi atau manfaat.

Setelah menyampaikan triangle-content, jangan lupa untuk menyampaikan kesimpulan misalnya : “nah, itu tadi adalah 3 hal penting dalam melihat skripsi. Yakni yang pertama, anggaplah skripsi sebagai kunci utama keberhasilan, yang kedua buat sambilan menyenangkan agar mengerjakan skripsi dapat selalu termotivasi dan tidak terputus-putus pengerjaannya, yang ketiga adalah berdoa. Agar semua usahamu tidak sia-sia” .. ingat untuk mengulang kembali 3 poin dari triangle-content..     


           3. CLOSING
Nah di bagian closing ini menurut saya yang paling susah. (Hahaha) Membuat PANTUN. ya, sebelum menutup presentasi kita, kita wajib memberi pantun :D itulah yang membuat saya masih berlatih berpantun sampai sekarang..
Setelah memberi pantun, sebutkan namamu dan ucapkan kalimat penutup. (selamat siang, terimakasih… seperti itulah kira-kira)


Yaa …. Semua itu kami lakukan .. kami praktekkan di tempat :D pada saat seminar… alhasil, ini adalah skill bagus…. Melatih keberanian dalam berbicara di depan umum. Dan ingatlah … lakukan dengan sungguh-sungguh, lakukan dan berikan semua yang terbaik yang bisa kamu berikan di depan banyak orang. That is SELL YOUR SELF means. Selamat mencoba dan berlatih di depan kaca yaaa J

Komentar

Postingan Populer